Minggu, 18 Februari 2018

Menelisik Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia ! (Part 1)


MiTosuNik - Berhiaskan potongan batu kali yang tersusun rapi di jalan dan rumah-rumah bergaya Georgian era pertengahan 1700-an, Hill Street menjadi lokasi nyaman untuk sejenak menjauh dari keluhan kawasan New Town di Edinburgh, Skotlandia.

Dibandingkan dengan kastil atau bangunan megah lainnya di Ibukota Skotlandia, jalan itu tampaknya bukan tempat yang dipenuhi rahasia.

Tapi, jangan tergesah-gesah mengambil kesimpulan. Jalanlah secara perlahan dan sobat mungkin akan memperhatikan tempat yang dipenuhi sesuatu yang janggal.

Diatas sebuah pintu bangunan dengan dua pillar biru, terdapat tulisan "The Lodge of Edinuburgh (*Mary Chapel) No.1" beberapa meter diatas tulisan itu ada ukiran bintang enam pucuk bertabur berbagai simbol dan angka.

Meskipun namanya Mary's Chapel, bangunan di Hill Street Nomor 19 itu bukanlah tempat ibadah, melainkan rumah perkumpulan organisasi Freemason. Bangunan yang didirikan pada 1599 itu merupakan rumah perkumpulan Freemason tertua di dunia yang masih bertahan.

Bagi sebagian orang, fakta itu mengejutkan,. Sebab, pemerhati sejarah modern Freemason kemungkinan besar merujuk 1717 sebagai tahun berdirinya organisasi yang belakangan dikenal sebagai Grand Lodge of England. Akan tetapi, dalam banyak hal, Freemason berasal dari Skotlandia.

Sejak Abad Pertengahan, berbagai asosiasi pengrajin batu didirikan baik di Inggris maupun Skotlandia. Namun bukti pertama keberadaan asosiasi pengrajin batu, atau Lodge, muncul di Skotlandia, hingga akhir 1500-an ada setidaknya 13 asosiasi Lodge di seluruh Skotlandia, dari Ediburgh hingga Perth.

Namun, baru pada awal abad ke-16, asosiasi itu memiliki struktur intitusi tonggk peristiwa yang dianggap banyak pihak sebagai lahirnya organisasi Freemason yang modern.

Pertemuan paling awal asosiasi pengrajin batu terjadi di Lodge Aitchison's Haven di East Lothian, Skotlandia, pada Januari 1599, rumah perkumpulan Mary's Chapel di Edinburgh mulai mencatat jalannya pertemuan.


Pada periode ini, sejauh pengamatan berlangsung, belum ada catatan pertemuan asosiasi serupa di Inggris.

"Di sinilah tempat semuanya benar-benar bermula," Kata Robert Cooper, kurator Grand Lodge of Scotland dan penulis buku Cracking the Freemason's Code.

"(Asosiasi pengrajin batu) adalah suatu yang khas di negeri ini. Kita sekarang mengenalnya sebagai jaringan nasional.Jadi, bolehlah Anda bilang, Edinburgh yang mengawalinya," Tambah Cooper.

Saya bertemu Cooper dikantornya, ruangan berdinding kayu dan penuh buku di Grand Lodge of Scotland yang beralamat di Gerorge Street nomor 96, Ediburgh Lokasi itu dekat jaraknya dari Mary's Chapel.

Di kantor Cooper, ada berbagai kardus yang bisa dipakai untuk pindahan. Setiap kardus berisi buku-buku dan catatan penuh debu.

Sejak didirikan pada 1736, rumah perkumpulan ini telah menerima catatan rapat dari setiap rumah perkumpulan Freemason di Skotlandia. Catatan itu juga berisi keanggotaan, yang jumlahnya mungkin diatas empat juta nama.


Dengan jumlah dokumen sebanyak itu, merupakan tantangan untuk menelisiknya satu-persatu. Namun jika dapat mencermatinya secara seksama, upaya itu akan berbuah manis. Contohnya ketika Cooper menemukan buku keanggotaan Fremason Skotlandia berusian 115tahun dari Nagasaki, Jepang.

"Ada pepatah kuno, yaitu manakala ada banyak orang Skotlandia, hal pertama yang mereka lakukan adalah membangun gereja, lalu membangun bank, kemudian membangun pub. Hal keempat yang dibangun adalah rumah perkumpulan (Freemason)" kata Cooper seraya terkekeh.

Nuansa global terpampang di museum Grand Lodge of Scotland yang dibuka untuk umum. Ada medali hijau dengan bordir bertuliskan "Distrik Grand Lodge Freemason Skotlandia di Cina Utara" dan 30 medali dari Cekoslawakia.

Para pemerhati teori kospirasi tentu berpikir hal-hal semacam itu merupakan indikasi sesuatu yang buruk.

Beberapa pihak menilai Freemason adalah organisasi rahasia yang terkait dengan Illuminati. Lainnya menyakini Freemason adalah jaringan global yang punya jangkauan kedalam segala hal, mulai dari wujud uang kertas dollar Amerika Serikat hingga Revolusi Perancis.

Seperti halnya kebanyakan sejarahwan ketika ditanya soal kaitan Freemason dan teori konspirasi, Cooper menggelengkan kepalanya.


"Jika kami adalah perkumpulan rahasia, bagaimana Anda tahu soal kami ? ini adalah bangunan umum, kita punya laman internet, laman Facebook, akun Twitter. Kami bahkan mengiklankannya di surat kabar. Namun, kami masih dianggap sebagai "Perkumpulan Rahasia" yang mengelola dunia! Perkumpulan rahasia yang sebenarnya adalah mafia, triad Cina. Mereka adalah perkumpulan rahasia sejati. Mereka tidak punya perpustakaan umum. Mereka juga tidak punya museum yang bisa anda jelajahi," Papar Cooper.

Untuk saat ini mungkin sampai disini kita akan membahas tentang Sejarah Freemason di Skotlandia, namun tidak perlu kuatir, ditunggu saja ya Sobat Mitun untuk Jejak Sejarah Freemason Di Skotlandia Part 2 !

(Meland/Phalkon)

BACA JUGA:

→→→  www.GOLDENQQ.org  ←←←



1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 15% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

7 Games Dalam 1 User ID :
Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :
1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :
LiveChat : www.GOLDENQQ.com
BBM : 2BE6505E
HP : +85516789420
WECHAT : GOLDENQQ1
SKYPE : GOLDENQQ1

→→→  www.GOLDENQQ.org  ←←←




1 komentar: