Kamis, 12 Maret 2020

Penemuan Dan Temuan Penting Untuk Kelangsungan Hidup Manusia!

Penemuan Dan Temuan Penting Untuk Kelangsungan Hidup Manusia!


penemuan dan temuan penting untuk kelangsungan hidup manusia!



Agen BandarQ - Teknologi dan ilmu pengetahuan senantiasa berkembang seiring berjalannya waktu. Hal serupa juga yang berlaku di bidang kedokteran. Kian majunya teknologi dan juga kemampuan manusia, menyebabkan penemuan pengobatan juga bertambah pesat.

Berikut adalah contoh penemuan dan temuan penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Golongan Darah




Darah adalah komponen terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa adanya sel darah merah dan sel darah putih sel-sel tubuh maka kematian karena kekurangan oksigen akan memungkinkan karena tidak dapat menyalurkan gizi-gizi baik ke seluruh tubuh.

Makanya itulah ketika orang sedang terluka parah dan kehilangan banyak darah, orang tersebut harus menerima transfusi darah supaya tidak kekurangan darah.

Konsep transfusi darah sendiri sudah lama dikenal oleh manusia. Namun tidak seperti di masa kini, transfusi darah tidak selalu berhasil menyelamatkan nyawa seseorang.

Terkadang orang yang menerima transfusi darah sukses bretahan hidup dan ada juga yang malah berujung kematian bagi penerimanya.

Hal tersebut lantas menarik perhatian ilmuwan asal Austria yang bernama Karl Landsteiner. Ia ingin tahu apakah ada komponen dalam darah yang mempengaruh tingkat keberhasilan transfusi darah.

Pada tahun 1900-an, Landsteiner akhirnya mendapatkan jawabannya. Darah manusia ternyata terdiri dari 3 golongan berbeda, A B dan C. Golongan darah c lalu direvisi menjadi golongan darah O.

berdasarkan pengamatannya, jika darah dari golongan yang berbeda dicampurkan dan tidak cocok, maka sel-sel darah merah yang tercampur akan menggumpal atau aglutinasi. Atas kontribusinya ini, Landsteiner pun menerima penghargaan Nobel di bidang kesehatan pada tahun 1930.

Penemuan golongan darah bisa dibilang sebagai salah satu penemuan terpenting di bidang kesehatan. Jika golongan darah masih belum diketahui sampai sekarang, tidak bisa dibayangkan, berapa banyak nyawa menghilang hanya karena salah mentransfusikan darah dari golongan yang tidak sesuai.

Metode Diagnosa Berbasis Pengamatan




Joseph Bell dikenal sebagai salah satu dokter paling unik pada masanya. Sebabnya adalah ia sangat terobsesi dengan detail dan pengamatan. Menurut Bell, dengan melihat penampakan sang pasien yang sakit, maka penyakit dari pasien tersebut dapat diketahui dengan tepat kendati sang pasien belum mengatakan apa-apa mengenai gejala penyakit yang dideritanya.

Di masa sebelum bel aktif sebagai dokter, dokter hanya sebatas membuat diagnosa dengan menyimak gejala-gejala yang ditemukannya. Namun Bell memiliki pendekatan yang berbeda. Menurutnya, adanya hal yang penting untuk mengamati detail terkecil dari pasiennya supaya bisa mendapatkan diagnosa yang tepat.

Sebagai contoh, dengan mengamati tato pelaut, maka bisa diketahui tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh sang pelaut. Lalu dengan melihat wajah seseorang bisa diketahui apakah seseorang tersebut memiliki kebiasaan mabuk atau tidak. Kemudian saat mengamati telapak tangan, bisa mengetahui jenis pekerjaan macam apa yang biasa dijalankan orang tersebut.

Saat mengajar sebagai dosen di Edinburh, Skotlandia, Bell juga menekan pentingnya konsentrasi kepada para mahasiswanya. Dalam satu kesempatan, ia mencelupkan jarinya kedalam suatu cairan dan menjilatnya. Bell kemudian meminta para mahasiswanya melakukan hal yang sama.

Para mahasiswa tadi mengikuti perintah Bell dan langsung menunjukkan reaksi mual setelah menjilat jarinya sendiri. Bell kemudian menjelaskan kalau ia tidak merasa mual karena jari yang ia jilat bukanlah jari yang sama dengan jari yang dicelupkan tadi.

Bell menyandang reputasi sebagai dokter yang tidak pernah salah saat mendiagnosa pasiennya

Pengukur Tekanan Darah




Selamat berabad-abad, manusia ingin mengetahui cara kerja mengenai sistem peredaran darah beserta tekanan yang menyertainya. Tahun 1628 merupakan salah tahun terpenting mengenai sejarah penelitian mengenai sistem peredaran darah karena di tahun tersebut, William Harvey menerbitkan buku berjudul "Exercitatio Anatomica de Motu Cordis et Sanguinis in Animalibus" (Pergerakan Jantung dan Darah Pada Bintang).

Buku yang dirilis Harvey tersebut kemudian menjadi pondasi para ilmuwan berikutnya yang ingin mempelajari sistem peredaran darah. Pada tahun 1733, Pendeta Stephen Hales menerbitkan informasi mengenai hubungan antara jantung dengan tekanan darah.

Informasi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Samuel Siegfried Karl Ritter Von Basch untuk membuat alat pembaca tekanan darah pertama di dunia pada tahun 1881.

Mekanisme mengenai cara membaca tekanan darah mengalami perkembangan lebih jauh setelah pada tahun 1905. Nikolai Korotkoff menemukan perbedaan antara tekanan darah sistol dan diastol.

Dengan bermodalkan pengetahuan tersebut, ia kemudian menciptakan semacam lempengan yang diikatkan pada anggota badan pasien supaya tekanan sistol dan diastolnya dapat diukur.

Hasil penemuan Korotkoff tersebut kemudian menjadi patokan mengenai cara mengukur tekanan darah manusia hingga sekarang.

Radioaktif Dan Sinar X




Lahir di Warsawa, Polandia, pada tahun 1867, Marie Curie sejak kecil menujukkan rasa ingin tahu yang tinggi akan pengetahuan baru. Ia gemar membaca dan mempelajari hal apapun yang ada dihadapannya.

Keinginan kuat Marie untuk senantiasa menimba ilmu lantas menjadi alasannya untuk pindah ke Paris pada tahun 1891. Disana, ia menempuh pendudukan di universitas Sorbonne untuk mempelajari matematika dan fisika.

Di Universitas Sorbonne pulalah, Marie bertemu dengan Pierre yang sama-sama menunjukkan kecintaan tinggi akan ilmu pengetahuan. Keduanya pun menikah dan bersama-sama melakukan penelitian terhadap bahan radioaktif. Pada tahun 1989, mereka berhasil menemukan unsur kimia polonium dan radium.

Penemuan unsur-unsur tadi kelak menjadi dasar pengembang sinar X yang memiliki peran penting bagi dunia kesehatan hingga sekarang. Dengan memotret tubuh pasien menggunakan sinar X, dokter bisa melihat bagian dalam tubuh pasien dan memberikan dianosa yang lebih akurat.

Saat perang Dunia 1 meletus, Marie Curie bekerja di lembaga Palang Merah dan memberikan pelatihan kepada para staff mengenai cara menggunakan perangkat sinar X. Atas kontribusinya di bidang iptek, Marie pun 2 kali menerima hadiah Nobel pada tahun 1903 dan 1911.

Antibiotik Penisilin




Alexander Fleming adalah pakar mikrobiologi yang bekerja di Universitas St. Mary London, Inggris. Suatu hari pada tanggal 3 September 1929, Fleming kembali ke laboratoriumnya setelah pergi berlibur. Saat Fleming melihat piringan berisi koloni bakteri di laboratorium, ia menemukan adanya kejanggalan pada piringan tersebut.

Puluhan tahun kemudian saat Perang Dunia 2 masih berlangsung, ilmuwan Ernst Chain dan Howard Florey melihat hasil penelitian Fleming dan berminat untuk mengembangkannya lebih jauh. Jika senyawa jamur tersebut bisa membunuh bakteri, maka mungkin senyawa yang sama bisa digunakan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit pada manusia.

keduanya berhasil menciptakan serbuk anti bakteri yang kelak juga dikenal sebagai Penisilin. Sejak itu, penisilin pun kemudian diproduksi secara besar-besaran dan kini banyak digunakan sebagai antibiotik untuk mengobati aneka peradangan yang disebabkan oleh bakteri.

Sebagai penghargaan atas penemuan penisilin, Fleming Chain dan Florey menerima hadiah Nobel pada tahun 1945.


BACA JUGA : 



  ???  www,INDOGOLDENQQ.net  ???

Yuk daftar dan juga deposit minimal 20ribu aja kalian udah bisa menikmati 9 permainannya loh bukan hanya 1 atau 2.....
Langsung aja chat CS kami dan minta daftar yaa...

bonus-bonus spesial Juga lochh.... !

1. Bonus Rollingan 0.3% -0.5%
2. Bonus Referral 20% (Seumur hidup !)
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000
4. Tersedia Deposit Menggunakan PULSA (Telkomsel dan XL)
Bosan dengan 1 atau 2 permainan?
Disini kita Sediakan 9 Games Dalam 1 User ID :

Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong | Bandar66 | Perang Baccarat
Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online | Perang Baccarat

Disupport Oleh :
1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia dan Juga Deposit Via Pulsa (Telkomsel dan XL)
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja Emas & Member / Player Yang Bermain
6. Tersedia User Id PRO ROBOT untuk Menghajar User Id PRO di website lain !


Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :
 Contact Person kami:
- Instagram : @vipgoldenqq_org
- TELP : +855969008229
- Twitter : vipgoldenqq_Official
- WA : +855969008229

LINK G0LDENQQ:

- INDOGOLDENQQ,NET
- INDOGOLDENQQ,INFO
- INDOGOLDENQQ,ORG

Ditunggu kehadirannya bosku !



0 komentar:

Posting Komentar