Minggu, 28 Juli 2019

Sejarah Unik, Boneka Matryoshka, Boneka Berlapis Dari Rusia !

Sejarah Unik, Boneka Matryoshka, Boneka Berlapis Dari Rusia !





Mitos Unik | Poker Pelangi - Setiap tempat di dunia memiliki khasnya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk Rusia. Negara terbesar didunia ini memiliki banyak produk budaya yang terkenal hingga ke luar negeri.

Satu dari sekian banyak produk budaya khas Rusia yang sudah termasyur adalah boneka Matroyshka.

Boneka Matroyshka adalah nama dari boneka has Rusia yang terkenal berkat konsepnya yang unik. Boneka ini terdiri dari beberapa buah boneka dengan ukuran yang berbeda-beda. Layaknya teko atau toples, boneka ini bagian atasnya bisa dibuka dan bagian dalamnya berisikan ruang kosong.

Dibagian yang kosong itulah , terdapat boneka yang berukuran lebih kecil. Lalu didalam boneka yang lebih kecil tadi, terdapat boneka yang lebih kecil lagi dan seterusnya. Berkat konsepnya yang unuk dan penampikan yang terkesan lucu, Matryoshka pun digemari didalam maupun luar Rusia.

Boneka ini memiliki gambar dan tema yang beragam. Namun semua boneka ini memiliki kemiripan. Semua boneka selalu dibuat dalam wujud lonjong menyerupai telur. Boneka ini juga selalu terdiri dari setidaknya 3 buah boneka dan ukuran yang berbeda dan bisa dimasukkan dalam boneka lainya.

Boneka ini mendapatkan namanya ari 2 nama yang lazim digunakan sebagai nama depan perempuan di Rusia. Kedua nama tersebut adalah  Matriosha dan Matryona. Kedua nama tadi sama-sama berasal dari bahasa latin "Mater" yang jika diterjemahkan memiliki makna ibu.

Selain makna tersebut, nama Matroyshka juga bisa diterjemahkan sebagai ibu muda yang kecil. karena asal namanya dari kata ibu, boneka Matroyshka tradisional pun banyak menampilkan sosok wanita.

Rakyat Rusia sendiri memang memandang boneka ini sebagai simbol kesuburan dan kasih sayang ibu. Ketika boneka Matroyshka kecil dimasukkan kedalam boneka yang lebih besar, hal tersebut bisa dipandang sebagai seorang ibu yang melindungi anaknya yang masih kecil

Struktur boneka Matroyshka yang berlapis juga bisa dimaknai sebagai kesatuan jiwa, raga dan akal dalam tubuh manusia.

Boneka ini memiliki riwayat sejarah yang panjang. Boneka ini diketahui pertama kali dibuat pada tahun 1890 oleh pengrajin boneka Vasily Zvyozdochkin berdasarkan rancangan yang dibuat oleh Sergey Malyutin, seorang pelukis yang tinggal di Abramtsevo, Moscow Utara.

Karena Sergey tidak memiliki keterampilam memahat, ia pun meminta bantuan Vasily untuk membuatkan boneka sesuai dengan desain buatanya.

Boneka Matroyshka ciptaan Vasily terdiri dari 8 boneka dengan ukuran yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki wajah bundar. Konon boneka tersebut dibuat sebanyak 8 buah karena Sergey ingin menampilkan seorang keluarga petani yang terdiri dari seorang ibu dan 7 anaknya.

Terinspirasi Dari Boneka Asal Jepang





Sergey sendiri terinspirasi untuk membuat desain boneka setelah ia melihat boneka tradisional asal Pulau Honshu, Jepang. Layaknya boneka Matroyshka, boneka Jepang tersebut juga memiliki konsep berlapis-lapis yang berarti boneka yang lebih kecil bisa dimasukkan dalam boneka yang lebih besar.

Tidak diketahui boneka jenis apakah yang menjadi sumber inspirasi dari Sergey. Salah satu sumber menyebutkan kalau boneka tersebut menampilkan sosok pendeta Buddha Jepang.

Ada juga sumber yang menyebut kalau boneka tersebut adalah boneka Daruma, sejenis boneka bulat. Sumber lain menyebut kalau boneka yang sama aslinya adalah boneka yang menampilkan Tujuh Dewa Keberuntungan dalam kepercayaan Jepang.

Ada pula yang menyatakan kalau boneka yang menjadi sumber inspirasi Sergey bukanlah boneka asli Jepang. Melainkan boneka yang dibuat dari luar Jepang dan kemudian dibawa ke pulau Honshu.

Lepas dari sumber versi mana yang benar, konsep boneka berlapis alias boneka sarang sendiri ternyata memang sudah lama dikenal di Asia Timur. Konsep mengenai boneka berlapis-lapis sendiri terinspirasi dari kota berlapis yang berasal dari Dinasti Song, dinasti yang berkuasa di China pada ea ribuan tahun Sebelum Masehi.

Boneka Matroyshka mulai menarik perhatian masyarakat luas saat boneka tersebut disrtakan dalam lomba pameran Exposition Universalle yang dihelat di Paris, Perancis. Pada tahun 1900. Dalam kompetisi tersebut, boneka Matroyshka sukses menyabet penghargaan medali perunggu.

Usai ditampilkan dalam pameran, popularitas boneka Maytroshka langsung meroket. Para pengrajin Rusia berlomba membuat boneka tersebut. Sementara mereka yang tinggal di luar Rusia memandang boneka tersebut sebagai boneka lucu yang mencerminkan kebudayaan khas Rusia.




Tidak mengherankan jika kemudian boneka ini banyak diekspor keluar Rusia.

Boneka ini biasanya dibuat dari kapur atau kayu. Mula-mula, pembuat boneka akan membuat boneka yang paling kecil terlebih dahulu supaya boneka tersebut muat saat dimasukkan kedalam boneka yang lebih besar.

Jika semua bonekanya sudah jadi, boneka tersebut kemudian diwarnai dengan memakai cat khusus, dimana catnya terbuat dari pigmen kering yang sudah dicampur dengan air dan getah tanaman.

Pada puluhan tahun pertama sejak kemunculannya, boneka Matroyshka terbesar selalu menampilkan sosok wanita mengenakan pakaian petani Rusia dengan selendang yang melilit kepalanya.

Boneka lainnya memiliki jenis kelamin dan pakaian yang bervariasi karena mereka menyimbolkan sebagai anak-anak dari boneka terbesar. Tidak jarang terkecil menampilkan dalam wujud bayi.

Boneka Matroyshka bukan hanya menampilkan sosok manusia. Ada pula boneka Matroyshka yang menampilkan sosok hewan peliharaan. Untuk boneka Matroyshka jenis ini, biasanya yang dijadikan sebagai boneka terluar adalah anjing karena anjing merupakan hewan peliharaan rumahan terbanyak yang lazim dipelihara oleh manusia.

Berkat konsepnya yang unik boneka Matroyshka lantas dijadikan perumpaan atau metafor dalam konsep perencanaan.

Metafor tersebut dikenal dengan istilah "asas Matroyshka".

Konsep utama dari asas ini adalah pada suatu benda akan ada benda lain yang serupa didalamnya.


BACA JUGA:



???  www,VIPGOLDENQQ,com  ???



Dapatkan juga bonus-bonus spesial !

1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 20% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

Bosan dengan 1 atau 2 permainan?
Disini kita berikan 8 Games Dalam 1 User ID :

Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong | Bandar66

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :

1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :

 Contact Person kami:
- PIN BB: vipgoldenqq
- TELP: +855969008229
- PIN BB : vipgoldenqq
- WA : +855969008229

LINK G0LDENQQ:

- VIPGOLDENQQ,ONLINE
- VIPGOLDENQQ,INFO
- VIPGOLDENQQ,ORG
Ditunggu kehadirannya bosku !


???  www.VIPGOLDENQQ.org  ???


0 komentar:

Posting Komentar