Minggu, 25 Agustus 2019

10 Fakta Unik Burung Kiwi Dari Selandia Baru !

10 Fakta Unik Burung Kiwi Dari Selandia Baru !








Agen BandarQ - Burung Kiwi adalah nama dari burung berasal dari Selandia Baru yang mudah dikenali dengan melihat wujudnya yang lain daripada burung kebanyakan. Tubuhnya berbentuk bulat dengan paruh panjang di kepalanya.

Selain bentuknya tersebut, masih banyak hal lain yang menarik dari burung mungil satu ini. Berikut ini adalah fakta unik mengenai burung kiwi yang wajib anda ketahui:


1. Kiwi Hanya Ditemukan Di Selandia Baru


Setiap negara memiliki hewan khasnya masing-masing. Kalau untuk kasus Selandia Baru hewan tersebut adalah Kiwi. Pasalnya Kiwi memang hanya dapat ditemukan di Selandia Baru.

Penampilan Kiwi yang khas juga menyebabkan burung ini amat mudah dibedakan dengan jenis burung lainnya. Paruhnya panjang layaknya burung bangau, namun badannya cebol dan gemuk layaknya anak ayam.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap Kiwi sebagai burung khas Selandia Baru, pemerintah Selandia Baru pun menobatkan Kiwi sebagai burung nasional negaranya. Angkatan Udara Selandia Baru juga memasukkan gambar kiwi pada lambang di pesawatnya.

Diluar negeri, kata "Kiwis" kadang digunakan sebagai sebutan lain untuk orang yang berasal dari Selandia Baru.


2. Nama "Kiwi" Berasal Dari Suara Yang Dibuatnya



Seperti halnya burung pada umumnya, Kiwi menggunakan bunyi-bunyian untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Saat Kiwi berteriak, suaranya bagi manusia terdengar seperti mengucapkan kata "Ki-Wi".

Dari situlah penduduk Selandia Baru menamakan burung cebol ini sebagai Kiwi.


3. Kiwi Adalah Burung Yang Setia Dengan Pasangannya


Salah satu ciri khas dari perilaku reproduksi Kiwi adalah burung ini memiliki kecenderungan monogami yang tinggi. Itu berarti jika seekor Kiwi berhasil mendapatkan pasangan, maka Kiwi tersebut bisa tetap setia dengan pasangannya hingga akhir hayatnya.

Meskipun begitu, tidak jarang seekor Kiwi meninggalkan pasangannya jika menemukan Kiwi lain yang lebih menarik. Namun pada umumnya seekor kiwi bisa tahan dengan pasangannya dalam kurun waktu yang lumayan lama.

4. Anak Kiwi Beresiko Kematian Yang Tinggi




Kiwi yang baru menetas merupakan hewan yang tidak berdaya. Pasalnya burung ini hanya memiliki ukuran yang kecil dan tidak dapat bergerak cepat. Tidak jarang anak kiwi sudah harus hidup mandiri begitu sudah bisa bergerak walaupun kadang anak kiwi tetap tinggal didekat induknya hingga usia 1 tahun.

5. Telur Kiwi Dierami Pejantan


Tidak seperti burung pada umumnya, burung Kiwi Jantan juga ikut terlibat dalam kegiatan pengasuhan anak. Sesudah Kiwi Jantan dan betina melakukan perkawinan, keduanya akan pergi bersama ke suatu liang supaya betina bisa menaruh telurnya disana. Sesudah betina bertelur, pejantan selanjutnya akan mengerami telur tersebut.

Telur Kiwi rentan sangat lama untuk menetas, yaitu 2 hingga 3bulan untuk menetas. Saat mengerami telurnya, bulu pada bagian bawa pejantan akan rontok supaya panas dari tubuhnya bisa digunakan untuk menghangatkan telur dan mempercepat penetasannya.

Jika pejantan merasa lapar, ia akan menutup lubang sarangnya dengan dedaunan supaya telurnya tetap tersembunyi saat ia sedang sibuk mencari makan.

6. Burung Kiwi Terdiri Dari Beberapa Spesies


Apa yang disebut burung Kiwi aslinya terdiri dari 5 spesies burung yang berbeda. Semua spesies Kiwi dalam klasifikasi ilmiah digolongkan dalam ordo Apterygiformes.

Kelima spesies tersebut adalah Kiwi coklat selatan, Kiwi coklat Utara, kiwi coklat Okarito, Kiwi besar berbintik, serta kiwi kecil berbintik.

Masing-masing spesies kiwi dapat dibedakan berdasarkan warna bulu, ukuran tubuh dan lokasi habitat aslinya.

Sebagai contoh saja, burung kiwi coklat selatan diberi nama demikian karena burung ini memang memiliki bulu berwarna kecoklatan dan habitatnya berada di pulau selatan. Sementara iwi kecil berbintik memperoleh nama tersebut berkat motif totol berwarna gelap.

7. Kiwi Memiliki Sayap Yang Teramat Kecil


Kiwi memiliki kemiripan dengan ayam ternak. Pasalnya seperti halnya ayam, kiwi juga memiliki sayap, namun tidak dapat digunakan untuk terbang.

Jika ayam tidak bisa terbang sebagai akibatnya dari sudah terlalu hidup sebagai peliharaan.

Kiwi bisa tumbuh hingga sepanjang 50 cm lebih, maka panjang sayapnya justru hanya sekitar 5 CM. Dan karena tubuh kiwi diselubungi oleh bulu, kiwipun terlihat seperti tidak memiliki sayap.

8. Kiwi Memiliki Penciuman Yang Tajam


Karena kiwi baru aktif mencari makan pada malam hari, Kiwi tidak memerlukan penglihatan yang tajam. Sebagai akibatnya, burung ini pun memiliki mata yang kecil dan penglihatan yang buruk.

Tidak seperti burung kebanyakan yang lubang hidungnya berada dipangkal paruh, lubang hidung Kiwi justru terletak di ujung paruhnya. Berkat lokasi lubang hidup ini, Kiwi bisa mengendus mangsa yang bersembunyi diliang tanah.

Mangsa yang sudah berhasil ditangkap oleh Kiwi selanjutnya akan dilumpuhkan dengan cara dibanting ke tanah atau batu. Karena kiwi gemar memakan hewan yang bersembunyi didalam tanah, kiwi memiliki kebiasaan meninggalkan jejak cekungan berbentuk corong diatas tanah setiap kali baru saja mencari makan di suatu tempat.


9. Kiwi Adalah Pecinta Malam







Kiwi merupakan unggas noktural yang berarti burung ini baru aktif mencari makan pada malam hari. Suasana malam yang minim cahaya, ditambah dengan bulu kiwi yang memang berwarna gelap, menyebabkan burung ini bisa berkeliaran bebas dan aman pada malam hari.

Pada siang hari, kiwi akan tidur dalam liangnya sambil menggulung dirinya supaya kepalanya selalu berada didalam posisi berlindung.


10. Nama Kiwi Berasal Dari Suara Yang Diciptakannya


Seperti halnya burung pada umumnya, Kiwi menggunakan bunyi-bunyian untuk berkomunikasi satu sama lain. Suaranya bagi manusia terdengar seperti sedang mengucapkan kata "Ki-Wi".

Dari suaranya itulah, penduduk asli Maori kemudian menggunakan nama Kiwi untuk menyebut hewan yang bersangkutan. Nama Kiwi kemudian turut digunakan oleh para pendatang untuk menyebut burung yang sama.


BACA JUGA:

???  www,VIPGOLDENQQ,com  ???

Dapatkan juga bonus-bonus spesial !

1. Bonus Rollingan 0.3% 
2. Bonus Referral 20% 
3. Min Depo & WD Sangat Terjangkau Rp. 20,000

Bosan dengan 1 atau 2 permainan?
Disini kita berikan 8 Games Dalam 1 User ID :

Bandar Poker | Poker | Adu-Q | Bandar-Q | Domino99 | Capsa Susun | Sakong | Bandar66

Bandar Poker Online Terpercaya | Bandar Poker Online | Agen Poker Online | Poker Online Terpercaya | Poker Uang Asli | Agen BandarQ Online | Agen Bandarq | Agen Domino Online |

Disupport Oleh :

1. LiveChat 24 Jam Online
2.Customer Service Yang Ramah
3. Support 5 Bank Ternama dan Terbesar Di Indonesia
4. Proses Depo & WD Cepat
5. Setiap Hari Tersedia Ribuan Meja & Member / Player Yang Bermain
6. 100% NO ROBOT / ADMIN

Untuk Info Bonus Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami Di :

 Contact Person kami:
- Instagra : @vipgoldenqq_org
- TELP : +855969008229
- Twitter : vipgoldenqq_Official
- WA : +855969008229

LINK G0LDENQQ:

- VIPGOLDENQQ,ONLINE
- VIPGOLDENQQ,INFO
- VIPGOLDENQQ,ORG
Ditunggu kehadirannya bosku !


???  www.VIPGOLDENQQ.org  ???


0 komentar:

Posting Komentar